Connect with us

Pemerintahan

Singosari Punya KEK, Diproyeksikan untuk Pertumbuhan Industri Tourism dan Ekonomi Digital

Diterbitkan

||

Singosari Punya KEK, Diproyeksikan untuk Pertumbuhan Industri Tourism dan Ekonomi Digital

Memontum Malang – Peresmian dan penetapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari pada Selasa (8/10/2019) berlangsung khidmat. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Malang serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Malang.

Penetapan KEK, ditandai dengan diserahkannya Peraturan Pemerintah (PP) nomor 68 tahun 2019 oleh Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya kepada Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa yang didampingi oleh Bupati Malang HM. Sanusi serta founder KEK Singhasari David Santoso.

Dalam arahannya Menpar RI Arief Yahya menyampaikan apresiasinya atas ditetapkannya Singosari sebagai KEK yang saat itu juga sekaligus dilaksanakan groundbreaking sebagai simbolis segera dimulainnya pembangunan KEK.

“Selamat untuk KEK Singosari yang groundbreaking termasuk yang tercepat dibanding daerah lain. Dengan KEK saya sangat yakin bahwa pertumbuhan industri kreatif tourism dan digital ekonomi akan mampu berkembang. Perkembangan ekonomi kreatif sangat mungkin terjadi di Kota Malang. Ditambah lagi wisman (wisatawan mancanegara) di Jatim yang mencapai 30 persen,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyambut baik atas penyerahan PP no 68 tahun 2019 terkait KEK. Menurutnya, KEK adalah salah satu hal yang paling ditunggu oleh masyarakat Jatim khususnya masyarakat Malang.

“Selain ditetapkan, yang tidak kalah penting yaitu agar KEK bisa segera dioperasikan. KEK diproyeksikan untuk mengembangkan industri pariwisata dan pertumbuhan ekonomi digital. Oleh karena itu, PP no 68 tahun 2019 akan menjadi bagian penting bagi Jatim untk berkembang dalam era digitalisasi,” jelas Khofifah.

Sementara itu, Bupati Malang, HM. Sanusi menyampaikan rasa terima kasihnya, atas perhatian yang diberikan oleh Menpar RI dan Gubernur Jatim hingga KEK Singosari dapat terealisasi.

Baca : Sutiaji Sampaikan Kota Malang Antusias Sambut KEK Singhasari

“Kami atas nama Pemkab Malang mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak terutama Bapak Menteri Pariwisata dan Ibu Gubernur Jatim atas perhatiannya sehingga KEK saat ini (8/10/2019) bisa terealisasi dan ditetapkan. Tidak berhenti disini, saya tetap mengharapkan dukungan dari semua pihak agar Kabupaten Malang bisa menjadi ikon Jawa Timur seperti yang ada di jargonnya ‘Malang The Heart of East Java,” pungkasnya. (iki/yan)

 

Terpopuler