Connect with us

Pemerintahan

Bupati Malang Pimpin Upacara Hari Pahlawan

Diterbitkan

||

Bupati Malang Drs HM Sanusi MM Bertindak Selaku Irup Dalam Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Stadion Kanjuruhan. (sur)
Bupati Malang Drs HM Sanusi MM Bertindak Selaku Irup Dalam Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Stadion Kanjuruhan. (sur)

Memontum Malang – Bupati Malang Drs HM Sanusi MM pimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di stadion kota Kepanjen Minggu (10/11/2019) siang. Seusai upacara, Bupati bersama Forkopimda Kabupaten Malang, menuju Taman Makam Pahlawan.

Dengan mengambil Tema “Aku Pahlawan Masa Kini”, acara tersebut dihadiri oleh Forkopimda, Ketua dan pimpinan serta anggota DPRD Kabupaten Malang, Pj Sekretaris Daerah beserta para Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Kepala OPD, Polri, Satpol PP, Polhut, ASN lingkup Pemkab Malang, Kepala Desa dan Camat serta undangan lainnya.

Ziarah ke Makam Pahlawan di Kepanjen. (sur)

Ziarah ke Makam Pahlawan di Kepanjen. (sur)

Bupati Malang HM Sanusi yang bertindak langsung selaku inspektur upacara membacakan amanat Menteri Sosial RI Juliari P Batubara.

Menurut Bupati Malang, momentum hari ini, mengingatkan kembali kepada peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Pada pertempuran tersebut rakyak bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

“Sebagaimana tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”. Menjadi Pahlawan Masa Kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya. ”urai Bupati.

Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkannya kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia.

“Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain. Mari maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju.” Tegasnya.

Sanusi menambahkan, Peringatan Hari Pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan. Dengan menjadikan diri sebagai Pahlawan Masa Kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi.

“Untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia. Selamat Hari Pahlawan 2019, semoga Allah SWT, ” pungkas Bupati. (Sur/oso)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler