Connect with us

Berita

GP Ansor PAC Sumawe Gelar Diklatsar Banser

Diterbitkan

||

Penyematan Tanda Anggota Peserta Diklat. (sur)
Penyematan Tanda Anggota Peserta Diklat. (sur)

Diikuti Calon Tentara Allah, Penerus Perjuangan Ulama

Memontum Malang – Gerakan Pemuda (GP) Ansor PAC Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe) Kabupaten Malang menggelar Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di
gedung Dinas Perikanan Sendangbiru.

Diklatsar yang berlangsung sejak Jumat hingga Minggu (24/11/2019) diikuti oleh 100 orang calon anggota sahabat Banser dan Detasemen Wanita Serbaguna (Denwaser) wilayah setempat. Mereka adalah calon tentara Allah, penerus perjuangan para ulama.

Lukman Hakim, Ketua Panitia Lokal Ansor Sumawe menjelaskan, tujuan digelarnya Diklatsar Banser ini yakni untuk melatih para pemuda agar lebih mengenal islam yang ahlisunnah waljama’ah melalui pendidikan yang dimotori oleh rekan-rekan Ansor, agar mereka tidak terbawa arus islam radikalisme.

Juga dijelaskan Lukman, dalam Diklatsar Banser ini juga menghadirkan beberapa pemateri seperti, dr Umar Usman Ketua PC NU Kabupaten Malang, HasanAbadirektor Unira Kepanjen dan dari MWC NU Sumawe.

“Para pemateri nanti akan menyampaikan tentang pemahaman Banser, wawasan kebangsaan,cara kita untuk melatih serta membentengi faham-faham radikalisme,” terang Lukman ditemui sebelum berlangsungnya acara.

Lepas dari itu, Lukman juga berharap, para peserta Diklat nanti akan mewakili kader-kader muda Ansor khususnya dan NU pada umumnya yang bisa menjelaskan kepada masyarakat.

Tamu Undangan dan Peserta Diklat. (sur)

Tamu Undangan dan Peserta Diklat. (sur)

“Ini loh NKRI,Pancasila dan tidak bersinggungan dengan agama apapun di negeri ini,” ulas Lukman.

Sementara itu, Mashuri, wakil Ketua PAC Ansor Sumawe sekaligus protokoler dalam acara tersebut mengungkapkan, seusai menjalani pembekalan dasar, para calon Banser dan Denwaser ini akan dibaiat (dilantik) serta akan kantongi sertifikat sebagai anggota Banser dan Dewanser Kecamatan Sumawe.

“Pembaiatan ini akan dilakukan sekitar pukul 03.00. Alasan ditentukan waktu itu,selain mustajabah juga dalam kondisi sunyi. Jadi kita bisa khidmat dalam mengikuti prosesi pelantikan ini, ” urai Mashuri.

Disisi lain, Bupati Malang Drs HM Sanusi MM yang sedianya hadir, namun karena satu hal, HM Sanusi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kasatpil PP Kabupaten Malang H Nazarudin Hasan sekaligus membuka acara.

Foto Bersama. (H Mansyur Usman/Memontum.Com)

Foto Bersama. (H Mansyur Usman/Memontum.Com)

Atas nama Pemerintah Kabupaten Malang Bupati mengucapkan selamat dan sukses atas dilaksanakannya Diklat Banser Gerakan Pemuda Ansor. Juga patut diberikan apresiasi, khususnya Banser GP.Ansor Kabupaten Malang yang telah banyak memberikan kontribusi nyata dan mendukung Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pembangunan selama ini.

Acara ini diakhiri dengan penyematan kartu peserta Diklat secara simbolis serta penyerahan baju kebesaran Banser yang dilakukan secara bergantian masing-masing oleh, Kasatpol Air Polres Malang AKP Dwiko Gunawan SH, H Mahrus Ali Anggota DPRD Kabupaten Malang, Kasatpol PP Kabupaten Malang H Nazarudin Hasan, Ketua PC Ansor Kabupaten Malang, H Khusnul Hakim MH, dan syuriah MWC NU Kecamatan Sumawe KH Musleh.

Turut hadir dalam pembukaan Diklatsar Banser ke-26 ini, Muspika Sumawe, Ketua Muslimat NU Sumawe, Pemerintah Desa Tambakrejo dan tokoh masyarakat. (sur/oso)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler