Connect with us

Pemerintahan

Eks Kawedanan Tumpang Prihatin, Warga Minta Segera Dibangun

Diterbitkan

||

AMBURADUL : Eks Kantor Kawedanan Tumpang dalam kondisi amburadul. (ist)
AMBURADUL : Eks Kantor Kawedanan Tumpang dalam kondisi amburadul. (ist)

Malang, Memontum – Eks kantor Kawedanan Tumpang Kabupaten Malang,saat ini dalam kondisi sangat prihatin. Dengan kondisi itu, warga minta agar situs bersejarah itu segera dibangun.

Anggota DPRD Kabupaten Malang Yazid Salim menyampaikan, kondisi kantor eks kawedanan Tumpang saat ini memang memprihatinkan. Dengan kondisi tersebut,dia mengaku sering mendapat keluhan dari masyarakat.

“Kondisi eks kantor kawedanan itu kini amburadul.Padahal, itu kan situs bersejarah dan pusat budaya,” ujar Yazid, Rabu (29/1/2020) siang.

Ditambahkannya, kondisi kantor eks kawedanan Tumpang itu terparah seusai dijadikan tempat penampungan sementara para pedagang, ketika pasar Tumpang sedang direvitalisasi.

“Kisaran 8 tahun lalu terjadi pembangunan pasar Tumpang, itu difungsikan jadi penampungan sementara. Syaratnya, pendopo tidak boleh rusak, mushala juga, tempat pentas seni tidak boleh digunakan, berikutnya harus dikembalikan semula. Tapi nyatanya sekarang tidak begitu. Ya kalau tidak dikembalikan seperti semula masyarakat pasti kecewa, mereka pasti menuntut itu,” ulasnya.

Seperti diketahui, kantor eks Kawedanan Tumpang pada masa pemerintahan Hindia-Belanda merupakan wilayah administrasi. Dulu, saat Kabupaten Malang masih meliputi 29 kecamatan, ada 7 kawedanan di dalamnya. Salah satunya kawedanan Tumpang yang meliputi Tumpang, Pakis, Poncokusumo dan Jabung. (Sur/oso)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler