Connect with us

Kabar Desa

Wirotaman Ampelgading Dapat Hibah Air Dari Jepang

Diterbitkan

||

Kades Wirotaman, Perangkat Desa, BPD Bersama Instalator dan Yayasan Daya Pertiwi. (sur)
Kades Wirotaman, Perangkat Desa, BPD Bersama Instalator dan Yayasan Daya Pertiwi. (sur)

Memontum Malang – Pemerintah Jepang melalui Kedutaan Besar (Kedubes) di Jakarta menghibahkan air langsung dikonsumsi kepada warga Desa Wirotaman Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang.

Selaku instalator, Glenn menjelaskan,bantuan air minum dari Jepang ini berupa pengeloaan air langsung konsumsi dari sumber umbulan desa setempat.

Lokasi Sumber Mata Air Umbulan Desa Wirotaman. (Sur)

Lokasi Sumber Mata Air Umbulan Desa Wirotaman. (Sur)

Ditambahkannya, atas dasar kerjasama dengan Yayasan Daya Pertiwi, pada saat proses pemilihan ternyata yang jadi pilihan yaitu Desa Wirotaman kecamatan Ampelgading.

Desa Wirotaman satu-satunya desa di Jawa Timur yang mendapat bantuan sarana air minum dari Kedubes Jepang.

Lanjut instalator asal Jakarta ini, sebagai pemberi dana dan pihak penentu Desa Wirotaman sebagai penerima bantuan air yaitu melalui Yayasan Daya Pertiwi.

“Tentunya kegiatan ini resmi karena pak Made selaku pimpinan yayasan Daya Pertiwi sudah melakukan presentasi di Kementrian Dalam Negeri. Jadi hubungan kerja kita antara Kedutaan Besar Jepang termasuk yayasan itu kegiatan sosial. Tetapi untuk dari yayasan ke Yamaha itu murni bisnis. Karena yayasan membeli produk yamaha, “urai Glenn.

Sementara itu, Kepala Desa Wirotaman H Ahmad Sholeh menegaskan, jika sudah terealisasi untuk pengelolaannya akan ia serahkan kepada BUMDes.

“Ke depan kami berharap,agar warga Wirotaman ini mendapatkan air layak minum dengan harga yang sangat murah dan itu kami lakukan beda dengan warga luar Wirotaman,” terangnya.

Ditambahkan Sholeh,untuk kapasitas seperti informasi yang ia terima dari yayasan maupun tim Yamaha,kapasitas dalam satu hari bisa produksi 8000 liter. Harapannya, air bisa dikemas dan dikembangkan sampai ke AMDK.

“Mudah-mudahan dengan kapasitas 8000 liter ini bisa dimaksimalkan sehingga nanti endingnya Pendapatan Asli Desa (PADes) akan lebih meningkat sehingga hasilnya juga bisa dinikmati oleh warga Desa Wirotaman ” ulasnya.

Di sisi lain, juga dijelaskan Sholeh, saat ini juga dalam proses ijin merk Dinkes dan sertifikasi halal.

“Kami juga berharap dengan hadirnya bantuan air minum ini dari Jepang ini masyarakat Desa Wirotaman memaksimalkan bantuan dan yang terpenting, unit ini kita rawat dan dijaga bersama,” pungkasnya. (Sur/oso)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler