Pemerintahan

Puting Beliung Terjang Sumberejo Gedangan, Bupati Malang Turun Beri Bantuan

Diterbitkan

-

Bupati Malang Drs HM Sanusi MM serahkan bantuan. (Sur)
Bupati Malang Drs HM Sanusi MM serahkan bantuan. (Sur)

Memontum Malang – Hujan deras disertai angin kencang terjang Dusun Sumberwangi Desa Sumberejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang Rabu (13/11/2019) siang.

Akibat kejadian tersebut, sebanyak 8 rumah penduduk dinyatakan rusak dan beberapa pohon tumbang.

Kendati tidak ada korban jiwa dalam bencana alam ini, tetapi warga harus menderita kerugian materi sekitar Rp 60 juta.

Dari data yang berhasil dihimpun Memontum.com di seputaran lokasi kejadian tercatat, satu rumah milik Sardi warga RT41 RW 12, rusak akibat tertimpa pohon.

Selain rumah Sardi, 7 rumah warga lain juga mengalami kerusakan ringan. Seperti, rumah Suwandi, Musahar, Miskat, Saleh, Musa, Samsul Arifin dan Hari. Ketujuh rumah itu mengalami kerusakan pada bagian atap.

Advertisement

Sementara itu, Camat Gedangan Yateno SH.MSi menjelaskan, pasca kejadian ini, pihaknya bersama Pemdes Sumberejo langsung terjun lokasi untuk Melakukan kerja bakti dengan membersihkan puing-puing sisa reruntuhan.

Selanjutnya, Bupati Malang Drs HM Sanusi MM Kamis (14/11/2019) siang langsung tinjau lokasi.Sanusi tiba di lokasi sekitar pukul 11.15.

Dalam kesempatan itu Sanusi memberikan bantuan berupa sembako dan uang tunai kepada 15 orang warga yang terdampak.

“Besarnya dana yang dihimpun di Pendopo Kabupaten Malang sebesar Rp 7,5 juta. Kemudian, dari Kesra Rp 7,5 juta. Jadi masing-masing orang tadi Rp 1 juta. Sembako semua, dari Dinsos, BPBD, PMI, Baznas,” ujar Sanusi.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa(PKB)ini mengungkapkan, apa yang dilakukannya dengan jauh-jauh mengunjungi para korban terdampak angin kencang adalah semata-mata wujud perhatian kepada masyarakat.

Advertisement

“Ini kan ada yang kena musibah, jadi kita wajib mengunjungi, dalam agama juga diajarkan seperti itu,” terangnya.

Lanjut Abah Sanusi,ia sudah menginstruksikan kepada instansi terkait untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktu terjadi bencana.

“Kita sudah intruksikan kepada BPBD untuk antisipasi. Ya semoga ini menjadi yang terakhir,” tandasnya.

Akhirnya HM Sanusi menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada, terlebih lagi saat ini sedang dalam musim pancaroba atau peralihan dari kemarin menuju penghujan. (Sur/oso)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas