Pemerintahan

Satpol PP Kabupaten Malang Masih Butuh Personil Tambahan

Diterbitkan

-

Bupati Malang Drs HM Sanusi MM Canangkan Kartu Peserta Bimtek Secara Simbolis. (sur)
Bupati Malang Drs HM Sanusi MM Canangkan Kartu Peserta Bimtek Secara Simbolis. (sur)

Memontum Malang – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang masih membutuhkan personil tambahan. Kebutuhan tersebut mengingat wilayah Kabupaten Malang yang luas meliputi 33 kecamatan.

Untuk ini Satpol PP Kabupaten Malang hanya berkekuatan 200 personil. Sedangkan kebutuhan personil sebenarnya jauh melebihi itu.

Para Peserta Bimtek. (sur)

Para Peserta Bimtek. (sur)

Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM mengatakan, bahwa saat ini tugas Satpol PP dibantu dari petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) di masing-masing desa dan kecamatan.

“Saya kira cukup, karena dibackup dari Linmas. Ya di rolling yang kita punya saat ini,” terang Sanusi dalam acara
pembukaan bimbingan teknis operasional Satpol PP Rabu (4/12/2019) kemarin.

Sanusi juga menambahkan, setiap personil Satpol PP memang dituntut untuk terus meningkatkan kinerja. Hal itupun untuk menjawab tantangan global yang setiap harinya terus berubah.

“Kedepan,untuk menjawab tantangan global, butuh perubahan paradikma pelayanan publik, menuju tata kelola pemerintahan yang baik. Satpol PP dituntut untuk tampil terdepan dalam melayani publik,” ujar Sanusi.

Advertisement

Sanusi juga mengingatkan, Satpol PP juga harus terus bersinergi dengan instansi lain. Seperti saat terjadi bencana alam, Satpol PP juga harus terlibat membantu masyarakat terdampak bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Akhir-akhir ini kan banyak bencana. Walaupun bukan tugas pokoknya, tapi harus ikut bahu membahu. Saya minta Satpol tampil saat ada bencana alam, meskipun itu tugas utamanya BPBD,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Malang, Nazarudin Hasan menyampaikan jika jumlah ideal personil untuk wilayahnya antara 450 sampai 650 orang.

“Untuk saat ini masih berjalan lancar, cuma kita kan masih banyak kendala. Seperti SDM, dan sarana prasarana masih sangat minim ya. Saya harap tiap tahun ini ada peningkatan,” tandasnya.

Lebih lanjut,Nazarudin menyebutkan, akibat masih kurangnya personil tersebut pelayanan kepada masyarakat masih belum maksimal.

Advertisement

“Personil kita kan terbatas. Kedepan, kita akan matangkan koordinasi dengan Linmas di kecamatan masing-masing,” ungkapnya.

Nazarudin juga berharap, para personil Satpol PP harus mampu menjalankan tugasnya sesuai amanah. Utamanya dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

“Diharapkan, setiap menjalankan tugasnya, teman-teman ini bisa disiplin, tegas. Bagaimana kita utamakan menghadapi masyarakat dengan aman,” pungkasnya. (Sur/oso)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas