Pemerintahan

Masyarakat Kabupaten Malang Perlu Lebih Kenal PSC 119

Diterbitkan

-

drg Arbani Mukti Wibowo Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang. (Sur)
drg Arbani Mukti Wibowo Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang. (Sur)

Memontum Malang – Sejak diluncurkan pada malam pergantian tahun beberapa hari lalu ternyata Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Malang belum banyak dikenal masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo mengakui jika hingga saat ini pihaknya perlu lebih intensif lagi melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Ada 60 jadwal sosialisasi kepada semua masyarakat di Kabupaten Malang, dalam jangka waktu enam bulan. Mulai Januari sampai akhir Juni. Harapannya, paling tidak dalam enam bulan kita sosialisasi, 20 % masyarakat paham, bagaimana kalau menghubungi PSC 119,” kata Arbani, Jumat (10/1/2020) siang.

Lanjut Arbani, sosialisasi kepada masyarakat memang membutuhkan jangka waktu yang tidak sebentar. Hal itu, kata Arbani, juga berdasarkan pengalaman yang terjadi pada PSC 119 Kabupaten Tulungagung.

“Memang perlu sosialisasi terus menerus. Pengalaman yang dilakukan oleh Tulungagung, selama enam tahun itu masih 40 %. Makanya kita harus punya konsep atau strategi sosialisasi yang dapat segera diterima masyarakat,” terangnya.

Advertisement

Mantan Direktur Utama RSUD Lawang ini juga menyampaikan, sejauh ini PSC 119 baru menangani 3 kejadian berdasarkan laporan dari masyarakat.

“Ada tiga, mereka langsung memencet Emergency Button, kemudian diterima oleh call center, dalam jangka waktu ya kalau sekarang lebih dari 15 menit kita bisa maklum ya, karena masih baru,” ungkap Arbani.

Arbani pun menyarankan agar masyarakat mengunduh aplikasi Emergency Button Malang-Kab di Google PlayStore bagi pengguna Android untuk mendapatkan pelayanan kedaruratan dari PSC 119 Kabupaten Malang. Disamping itu, masyarakat juga bisa mengirim pesan singkat melalui WhatsApp atau melakukan panggilan di nomor 081-365-000-119. (Sur/oso)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas