Pemerintahan

Perumda Tirta Kanjuruhan Studi Replikasi ke Kalsel, Persiapan Layanan Air Bersih Malang Selatan

Diterbitkan

-

STUDI REPLIKASI : Bersama Bupati Malang Drs HM Sanusi MM,Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan H Syamsul Hadi S.Sos dan Dewan Pengawas Study Replikasi Pengelolaan Air Sungai ke PDAM Intan Banjar Kalsel. (Ist)
STUDI REPLIKASI : Bersama Bupati Malang Drs HM Sanusi MM,Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan H Syamsul Hadi S.Sos dan Dewan Pengawas Study Replikasi Pengelolaan Air Sungai ke PDAM Intan Banjar Kalsel. (Ist)

Malang, Memontum – Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang melakukan study replikasi pengelolaan air sungai ke PDAM Intan Banjar Kota Banjar Baru Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu.

Dengan dipimpin langsung Bupati Malang Drs HM Sanusi MM, didampingi jajaran Direksi, pimpinan Perumda Tirta Kanjuruhan dan dewan pengawas, hal itu dilakukan sebagai bentuk keseriusan BUMD katagori PDAM terbaik se-Jawa Timur ini, untuk segera terealisasinya rencana pembangunan Instalasi Pengolahan Air(IPA) dengan pemanfaatan sumber air baku dari sungai wilayah Malang Selatan.

Satu hal yang jadi acuhan, yakni dengan keberhasilan PDAM Intan Banjar dalam pengelolaan air sungai sebagai bahan baku air bersih melalui 13 IPA milik masyarakat sekitar. Atas kerjasama dengan salah satu perusahaan, PDAM disana bisa jual air yang telah layak konsumsi seharga Rp 6ribu/meter kubik.

Tetapi untuk di Kabupaten Malang,harga penjualan nanti masih di bawah Banjarmasin. Hal ini dikarenakan kondisi air lesti relative baik sehingga untuk proses pengelolaannya tidak sama dengan Banjarmasin. Selain itu,infrastuktur pendukung untuk bantuan kekeringan air di Malang Selatan lebih siap.

Pasalnya, Malang Selatan merupakan tantangan tersendiri bagi Perumda Tirta Kanjuruhan dalam rangka pengembangan cakupan layanan penyediaan air bersih yang kini telah tercapai 125.689ribu SR(Sambungan Rumah) ini.

Advertisement

Dalam pelaksaannya nanti, Perumda yang berkator di Jalan Raya Kebon Agung Kecamatan Pakisaji ini juga akan menggandeng investor, tentu saja mereka yang banyak pengalaman di bidang tersebut.

Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Kanjuruhan H Syamsul Hadi S.sos.MM memaparkan,dalam rangka memenuhi pelayanan wilayah Malang Selatan agar dapat meningkatkan derajat kesehatan dari sisi mendapatkan akses air bersih,ada beberapa wilayah yang akan teraliri melalui IPA dengan memanfaatkan sungai lesti yaitu,Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe), Gedangan, Bantur, Pagak, Donomulyo dan Kalipare.

Ditambahkan Syamsul, dengan upaya Pemerintah Kabupaten Malang melalui Perumda Tirta Kanjuruhan untuk pengelolaan air sungai lesti agar dapat dimanfaatkan hingga dan dikonsumsi,maka sambungan air bersih akan semakin bertambah. (Sur/oso)

 

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas