Pemerintahan

Alokasi Dana Rp 1 Miliar, Jalan Rusak Gedangan Segera Dipindah

Diterbitkan

-

Jalan Rusak Dusun Sumbernanas Gedangan. (sur)
Jalan Rusak Dusun Sumbernanas Gedangan. (sur)

Memontum Malang – Dengan alokasi dana sebesar sekitar Rp 1 miliar, akhirnya jalan rusak selama hampir 2 tahun di Dusun Sumbernanas Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang segera dipindah.

Hal itu dikarenakan adanya lapisan tanah keras di bawah tanah sehingga tidak bisa ditembus air yang mengalir di antara tumpukan tanah keras.

Ir H Romdhoni Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Malang. (sur)

Ir H Romdhoni Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Malang. (sur)

“Misalkan dipaksakan diperbaiki akhirnya ambles juga.Dimungkinkan adanya lapisan tanah keras di bawah tanah. Sehingga tidak bisa ditembus air yang mengalir di antara tumpukan tanah keras itu,” terang Ir H Romdhoni Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Malang beberapa waktu lalu.

Pihaknya juga sudah survei langsung lokasi terkait rencana pemindahan ruas jalan jurusan Gedangan Gondanglegi itu. Dia juga mengagendakan, pembangunan jalan itu dilaunching tahun 2020 mendatang dengan pembiayaan sekitar Rp 1miliar dimungkinkan sudah selesai.

Selain itu, pihaknya juga harus berkoordinasi dengan para pemilik lahan untuk proses pembebasan.

“Saya sudah survei langsung ke lokasi. Misalkan jalan yang rusak itu masih kita pertahankan akan mengundang resiko yang sangat tinggi, termasuk anggaran biayanya,” ulasnya.

Advertisement

Tambah Romdhoni, kalau jalan itu dipindah, alokasi pembiayaannya jauh lebih hemat juga lebih nyaman. Dengan rute dari pertigaan (sebelah barat lokasi jalan rusak) lewat lapangan, sekolahan dan pemukiman warga.

“Lapangan dan sekolahan itu kan fasilitas umum, jadi kalau jalannya lewat di situ, justru fungsi lapangan dan sekolahan akan tertunjang,” pungkasnya. (sur/oso)

 

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas