Kabupaten Malang

Bupati Malang Launching Foodtruck dan Marketplace Garapan SMKN 1 Kepanjen

Diterbitkan

-

Bupati Malang Launching Foodtruck dan Marketplace Garapan SMKN 1 Kepanjen

Memontum Malang – Bupati Malang, HM Sanusi, berkesempatan melaunching Foodtruck dan Marketplace yang bertempat di halaman SMK Negeri 1 Kepanjen, Sabtu (22/01/2022) pagi. Tampak hadir pada acara Puncak Peringatan HUT SMK Negeri 1 Kepanjen ke 13 Tahun 2022, diantaranya anggota Komisi A DPRD Jawa Timur, H Gunawan, Kapolres Malang, AKBP R Bagoes Wibisono, Dandim 0818 Malang-Batu, Letkol Inf Taufik Hidayat, sejumlah Kepala PD terkait, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Malang, Dra. Anny Saulina, M. Si., pimpinan dunia usaha dan dunia industri serta Muspika Kepanjen.

Mengawali sambutannya, Bupati Sanusi, menyampaikan selamat dan sukses kepada keluarga besar SMK Negeri 1 Kepanjen, yang telah menginjak usia 13 tahun. Dengan bertambahnya usia, semoga menjadikan SMK Negeri 1 Kepanjen, semakin termotivasi untuk menyediakan sistem pendidikan yang berkualitas dan sarana serta prasarana yang memadai, untuk menunjang proses pembelajaran siswa-siswi.

“Dimana pada akhirnya dapat melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan unggul. Kalau ingin pendidikan di Indonesia lebih maju, maka potensi harus digali, kemampuan harus dikembangkan, dan kesempatan harus diberikan kepada anak didik,” kata Bupati Malang.

Lebih lanjut Bupati Malang menilai, bahwa SMKN 1 Kepanjen, mengusung tiga nilai utama. Yaitu karakter, kompeten dan berjiwa wirausaha. Hal itu selaras dengan penerapan kurikulum yang baru, di mana siswa diharapkan dapat meningkatkan ketakwaan pada Allah SWT, berakhlakul karimah, bergotong royong dan mengedepankan musyawarah untuk menegakkan keadilan sosial.

“Ini berarti, bahwa karakter yang diterapkan di seluruh Indonesia adalah karakter Pancasila, di mana Pancasila sebagai ideologi negara telah paripurna untuk dapat diimplementasikan sebagai wujud pengamalan karakter berakhlak dan berbudaya. Baik vertikal maupun horizontal, hubungan manusia dengan tuhannya, dengan sesama dan dengan lingkungannya,” ujarnya.

Advertisement

Baca juga :

Diharapkan pula, SMKN 1 Kepanjen dapat selalu berinovasi dalam rangka meningkatkan teknologinya dan berdaya saing. Dengan demikian, dapat berjalan seiring visi dan misi Malang MAKMUR.

Bupati Malang lantas menegaskan, bahwa semua pihak harus bertanggung jawab dalam keberhasilan pendidikan. “Tidak hanya guru, keterlibatan orang tua mutlak diperlukan dan lingkungan sekitar seharusnya juga mendukung. Maka dari itu, saya berharap Bapak Ibu guru dapat bekerja sama dengan orang tua, dengan komite, dan dengan lingkungan untuk mengedukasi anak. Lingkungan sekolah yang baik sangat berpengaruh pada kualitas dan output anak didik,” tegasnya.

Sementara itu untuk mendukung foodtruck yang dilaunching oleh SMKN 1 Kepanjen, Bupati Malang siap memberikan ruang, sebagai contoh foodtruck dapat ditempatkan di area Block Office Pemerintah Kabupaten Malang.

Di kesempatan yang sama, Bupati Malang didampingi Kepala Sekolah SMKN 1 Kepanjen, Lasmono, S. Pd, menyerahkan trophy kepada perwakilan pemenang lomba Kanesa Futsal League, Kanesa Basket Competition, dan Kanesa English Festival. Pada acara puncak peringatan HUT SMKN 1 Kepanjen ini, Bupati Malang melaunching Foodtruck “WAKUWIKA” (Warung Mlaku Wirausaha Kanesa) dan marketplace “KANESHOP” yang dikelola oleh siswa-siswi SMKN 1 Kepanjen.

Setelah menerbangkan balon dan menandatangani sertifikat peresmian, Bupati Malang mengakhiri kunjungannya dengan meninjau stand-stand pameran yang menyuguhkan hasil kreatifitas dari masing-masing jurusan di SMKN 1 Kepanjen, yaitu Teknik Elektronika Industri, Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Kendaraan Ringan, serta Teknik Sepeda Motor. (pro/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas