Kabupaten Malang

Bupati Sanusi Hadiri Launching Podcast Sanika Satyawada Station dan Aplikasi Soegab Inovasi Kapolres Malang

Diterbitkan

-

Bupati Sanusi Hadiri Launching Podcast Sanika Satyawada Station dan Aplikasi Soegab Inovasi Kapolres Malang

Memontum Malang – Bupati Malang, HM Sanusi, bersama Ketua TP PKK Kabupaten Malang, Hj Anis Zaidah menghadiri Launching Podcast Sanika Satyawada Station dan aplikasi WA SOEGAB di Pendopo Kepanjen, Jumat (11/02/2022).

Inovasi ini diluncurkan oleh Kapolres Malang, AKBP Bagoes Wibisono. Ia kembali meluncurkan inovasi, setelah sebelumnya meluncurkan Jago dalam inovasi penuntasan vaksinasi di Kabupaten Malang. Kali ini, AKBP Bagoes melaunching sebuah podcast dan aplikasi pelayanan masyarakat berbasis digital.

Kedua inovasi itu adalah ‘Podcast Sanika Satyawada’ dan WA SOEGAB. Menurut AKBP Bagoes, kedua inovasinya ini kedepan akan menjadi sarana penyampaian informasi yang cukup efektif bagi seluruh masyarakat.

“Kalau untuk WA SOEGAB ini, merupakan sebuah inovasi pelayanan publik. Dimana nantinya masyarakat akan lebih mudah melapor atau mengadukan sebuah gangguan Kamtibmas. Sehingga nanti petugas di lapangan akan cepat menindaklanjuti,” kata AKBP Bagoes Wibisono.

Ia juga menjelaskan, Podcast yang diambil itu dari nama angkatannya yaitu ‘Sanika Satyawada’ mengandung arti orang yang dapat dipercaya dan memegang teguh janji. “Sanika Satyawada adalah nama angkatan saya Akpol lulusan tahun 2000. Harapan saya, podcast ini nantinya akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polres Malang, dengan penyampaian informasi-informasi tentang Kepolisian. Sehingga masyarakat akan tahu lebih banyak tentang Ilmu Kepolisian,” imbuhnya.

Advertisement

Selanjutnya, dalam kesempatan yang sama, Bagoes juga menyebutkan beberapa unggulan dari aplikasi WA SOEGAB. “SOEGAB adalah kepanjangan dari Sentra Laporan Elektronik Gangguan Kamtibmas,” tambahnya.

Baca juga :

Lebih lanjut, AKBP Bagoes menjelaskan latar belakang munculnya ide dan inovasi ini adalah berawal dari arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit. Yang mengharapkan Institusi Polri di tingkat Polres dan Polsek memiliki sebuah sistem pelayanan publik berbasis teknologi.

“Didalam aplikasi WA SOEGAB ini masyarakat akan mudah mengaksesnya. Cukup WA di Hotline atau scan barcode, masyarakat sudah bisa menyampaikan laporan tanpa harus datang ke kantor polisi. Karena nanti petugas yang akan mendatangi,” jelasnya.

AKBP Bagoes juga menyebutkan, aplikasi WA SOEGAB juga akan menyajikan beberapa informasi pelayanan publik yang ada di Polres Malang. “Kami akan memudahkan masyarakat untuk bertanya tentang apa saja pelayanan yang ada di Polres Malang, tanpa harus susah payah datang terlebih dahulu. Jadi pelayanan akan lebih mudah dan singkat,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Milenial Utas Malang Raya, Zulham Ahmad Mubarrok, pada kesempatan Podcast perdana kali ini menjadi bintang tamu. Sangat mengapresiasi inovasi dari Kapolres Malang ini.

Advertisement

“Kebanyakan dari masyarakat memang enggan untuk datang ke kantor polisi, seolah-olah menjadi momok yang sangat menakutkan. Namun dengan adanya podcast dan WA SOEGAB ini, masyarakat akan mudah menjalin komunikasi dengan pihak kepolisian,” tutur Zulham Ahmad Mubarrok.

Menandai peresmian peluncuran inovasinya, Kapolres Malang secara simbolis menekan tombol alarm dan dilanjutkan penayangan video simulasi layanan terbaru yang dimiliki Polres Malang yaitu WA SOEGAB. (cw1/gie)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas