Kabupaten Malang

Hadiri Pelantikan DPD dan DPW Jatim 2 IPI, Wabup Malang Harapkan Inovasi Kemajuan Pariwisata

Diterbitkan

-

Hadiri Pelantikan DPD dan DPW Jatim 2 IPI, Wabup Malang Harapkan Inovasi Kemajuan Pariwisata

Memontum Malang – Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, menghadiri Pelantikan Ketua dan Pengurus Insan Pariwisata Indonesia (IPI) DPD Jatim dan DPW Jatim 2 Periode 2021 hingga 2024. Kegiatan yang bertema ‘Peran dan Langkah Taktis Insan Pariwisata dalam Upaya Mendukung Program Pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)’, ini bertempat di salah satu hotel di Malang, Selasa (08/03/2022).

Wakil Bupati Malang, dalam sambutannya mengapresiasi akan seluruh jajaran pengurus yang baru saja terlantik. “Saya ucapkan selamat dan sukses, baik DPD Jatim maupun DPW Jatim 2, yang hari ini dilantik. IPI dan seluruh komponen kepariwisataan yang ada melalui latar belakangnya, baik dari pengusaha, penggiat, restoran, hotel dan pelaku wisata yang lain. Tentunya,.ini merupakan bagian support dari program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional),” kata Wabup Didik Gatot Subroto.

Dirinya juga mengapresiasi, para insan pariwisata yang tidak pantang menyerah di tengah situasi pandemi dalam membuka peluang usaha dan lapangan kerja. Seperti diketahui, bahwa pandemi Covid-19, telah menghantam industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Sejak Februari 2020, jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia mengalami penurunan yang sangat drastis. Bahkan, bisa dibilang angka kerugian selama pandemi Covid-19 sangat memprihatinkan.

“Hal ini tentunya berdampak pada pendapatan negara dari sektor pariwisata. Dengan adanya pembatasan sosial berskala besar dan ditutupnya akses keluar-masuk Indonesia, menyebabkan penurunan pendapatan negara di sektor pariwisata,” tambah Wabup Malang.

Baca juga :

Advertisement

Didik juga berharap, melalui DPD Jatim dan DPW Jatim 2, dapat berkontribusi dalam mewujudkan program PEN. “Kontribusi dengan menjalin komunikasi yang baik dengan provinsi, kepariwisataan, daerah mulai dari Batu sampai dengan Banyuwangi, karena IPI sebagai penyebar informasi dengan menyampaikan informasi-informasi penting mulai dari kegiatan tingkat bawah UKM dan IKM serta para pelaku-pelaku wisata yang semuanya telah terintegrasi menjadi satu kesatuan,” terangnya.

Didik juga berharap, agar IPI sebagai organisasi sosial profesi bidang kepariwisataan yang dinamis dapat menjadi garda terdepan dalam pemulihan industri pariwisata dengan terus melakukan inovasi.

Sebagai informasi, DPW Jatim 2 meliputi Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Lumajang dan Probolinggo. (cw1/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas