Kabupaten Malang

Pastikan Infrastruktur Jalan, Bupati bersama TAPD Kunjungi Dua Desa di Kecamatan Karangploso

Diterbitkan

-

Memontum Malang – Bupati Malang, HM Sanusi, menggelar kunjungan kerja dan menyapa warga di dua desa di wilayah Kecamatan Karangploso, Minggu (04/06/2023) tadi. Adalah Desa Bocek dan Desa Ngenep, yang menjadi jujugan bupati bersama Sekda dan sejumlah OPD Kabupaten Malang.

Kunjungan itu sengaja dilakukan, dalam rangka survey sejumlah titik jalan desa yang mengalami kerusakan. Sehingga, solusi cepat guna dibahas, bisa segera terealisasi.

”Kegiatan hari ini untuk melihat jalan- jalan yang memang urgent untuk dibangun. Pak Sekda selaku Ketua TAPD Kabupaten Malang, untuk memprioritaskan terlebih jalan-jalan yang memang rusak parah untuk dilakukan perbaikan. Karena di Kabupaten Malang anggarannya terbatas, sementara jalan yang harus dibangun banyak. Sehingga, diperlukan perencanaan dan memiliki kejelian. Mana jalan yang menjadi prioritas untuk diperbaiki. Jalan kita ada 15.000 km, sedangkan anggarannya Rp 350 miliar. Jika 1 Km membutuhkan anggaran Rp 1 miliar, maka hanya bisa menjangkau 350 Km,” kata Bupati Sanusi.

Ditambahkannya, bahwa jalan-jalan yang diperbaiki atau dibangun dari anggaran Pemerintah Kabupaten Malang, adalah berstatus jalan Kabupaten Malang. Sementara untuk jalan desa, nanti bisa diperbaiki atau dibangun melalui bantuan jalan lingkungan yang ditangani Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya.

Baca juga :

Advertisement

Khusus untuk jalan berstatus jalan kabupaten, ujarnya, nanti yang membangun dari Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga. ”Sedangkan untuk jalan berstatus jalan desa, maka pembangunannya dilakukan melalui Alokasi Dana Desa (ADD). Rencana pembangunan jalan ini bisa dilakukan secepatnya, kalau sudah masuk dalam program. Namun jika belum masuk dalam program, nanti akan kita ajukan melalui PAK,” tambahnya.

Dimulai dari Kantor Desa Bocek sebagai titik kumpul, bupati bersama rombongan menggunakan roda empat berkunjung ke lokasi I di jalan rusak yang ada di wilayah RT003 RW011 dan lokasi II di wilayah RT001 RW012. Jalan aspal yang masuk wilayah Dusun Supit Urang, Desa Bocek, ini sebagian memang mulai mengelupas. Di kesempatan sama, bupati juga melihat langsung kondisi jalan rusak di Lokasi III di wilayah RT01 dan RT02 RW013 Dusun Mojosari, Desa Ngenep.

Kunjungan serupa, juga dilakukan di Lokasi IV, yaitu RT01 RW09, Dusun Babaan, Desa Ngenep. Bahkan, bupati juga menyempatkan diri untuk berdialog bersama warga. (pro/sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas