Kabupaten Malang

Dukung Lestarikan Biota Laut, Bupati Malang Lepas Tukik di Pantai Bajulmati

Diterbitkan

-

Dukung Lestarikan Biota Laut, Bupati Malang Lepas Tukik di Pantai Bajulmati

Memontum Malang – Bupati Malang, HM Sanusi bersama anggota DPRD Kabupaten Malang, Perangkat Daerah Kabupaten Malang, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang, Hj Anis Zaidah Sanusi dan Forkopimcam Gedangan, bersama-sama menghadiri pelepasan tukik dalam rangka pelestarian Penyu dan habitatnya di Bajulmati Sea Turtle Conventation (BSTC) Pantai Bajulmati, Desa Gajahrejo, Selasa (13/06/2023) sore. Dalam sambutannya, Bupati Sanusi menyampaikan terima kasih kepada BSTC dan seluruh pihak yang telah memberikan perhatian terhadap kelestarian salah satu biota laut di kawasan pesisir pantai yang berada di wilayah Malang Selatan.

“Mudah-mudahan, keterlibatan banyak pihak dalam aksi kepedulian ini kelak dapat memberikan dampak positif terhadap keseimbangan alam. Sekaligus, juga menjadi solusi terhadap pelestarian biota laut utamanya Penyu di Pesisir Malang Selatan,” ujar Bupati Sanusi.

Momentum istimewa ini, tambahnya, tidak hanya menjadi kesempatan untuk berbagi kebahagiaan dengan melepas Tukik ke habitatnya. Melainkan, juga berpartisipasi langsung dalam upaya menjaga dan melindungi keanekaragaman hayati laut.

Baca juga:

“Upaya konservasi seperti halnya yang dilakukan oleh Bajulmati Sea Turtle Conservation, merupakan bukti nyata bahwa kita mampu melakukan perubahan positif. Bahwa setiap langkah kecil yang kita ambil untuk melindungi kehidupan laut, memiliki dampak besar bagi masa depan bumi,” jelas Bupati Sanusi.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga mengajak masyarakat Kabupaten Malang, untuk lebih peduli dan berperan aktif dalam pelestarian lingkungan. Terutama, di sekitar wilayah pesisir. Karena, semua memiliki tanggung jawab yang sama untuk melindungi keanekaragaman hayati laut, menjaga kebersihan pantai dan membatasi penggunaan bahan berbahaya yang berdampak negatif bagi ekosistem laut.

Advertisement

“Mari kita mulai mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan beralih ke alternatif yang lebih ramah lingkungan. Sebab apapun tindakan kecil yang kita lakukan, memiliki efek domino yang positif,” tambahnya.

Bersama dengan Pemerintah Kabupaten Malang, pihaknya memiliki komitmen yang sama untuk terus mendukung program-program konservasi dan perlindungan terhadap ekosistem laut yang rentan termasuk Tukik. “Mari menjadi pelopor dalam penggunaan plastik ramah lingkungan, menjaga kebersihan pantai serta berbagi pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya pelestarian laut,” tegasnya. (pro/gie)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas