Kabupaten Malang

Dukung Ketahanan Pangan, Plt Bupati Malang Lakukan Gerakan Tanam Padi di Pakisaji

Diterbitkan

-

TANAM: Plt Bupati Malang saat melakukan Gerakan Tanan Padi. (pemkab for memontum)

Memontum Malang – Plt Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, menghadiri Gerakan Tanam Padi bersama Petani Tangguh Malang Makmur di Lahan Sawah Poktan Margo Rukun III, Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Rabu (23/10/2024) tadi. Hadir dalam kegiatan itu, anggota DPRD Kabupaten Malang, Dandim 0818 Malang-Batu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Malang, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Malang, Kepala Balai Pengujian Standar Instrumen Tanaman Jeruk dan Buah sub-Tropika, Camat dan Muspika Pakisaji, Kepala Desa Karangduren serta Para Petani Tangguh.

Plt Bupati Didik Gatot Subroto mengatakan bahwa Gerakan Tanam Padi merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh para petani di seluruh Kecamatan Pakisaji. Gerakan ini, juga merupakan program pemerintah yakni tersedianya bahan pangan dalam rangka mendukung ketahanan pangan, secara khusus makan siang gratis.

“Oleh karena itu, Gerakan Tanam Padi yang kita lakukan hari ini diharapkan menjadi langkah nyata untuk meningkatkan produktivitas dan memastikan ketahanan pangan di daerah kita tetap terjaga. Dengan adanya gerakan ini, saya mengajak seluruh petani, perangkat daerah terkait, serta seluruh kalangan masyarakat untuk bekerja bersama-sama,” kata Plt Bupati Malang.

Kegiatan ini, tambah Plt Bupati Malang, bukan hanya sekedar menanam, tetapi juga memastikan bahwa juga menerapkan teknologi pertanian yang modern, pupuk yang tepat, serta menjaga kualitas benih yang ditanam. “Dengan demikian, hasil panen kita akan terus meningkat dan kesejahteraan para petani pun ikut terangkat,” urainya.

Baca juga :

Advertisement

Di sisi lain, juga harus memahami bahwa untuk mencapai peningkatan produksi padi, upaya yang dilakukan adalah meningkatkan efisiensi pengelolaan lahan, mengoptimalkan penggunaan air, serta memaksimalkan hasil panen. “Jadi, melalui Gerakan Tanam ini, kita tunjukkan komitmen bersama bahwa Kabupaten Malang siap untuk berkontribusi dalam menjaga ketahanan pangan nasional,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, Gerakan Tanam ini tidak hanya berhenti hanya pada simbolis penanaman hari ini saja. Namun juga harus menjadi semangat yang terus yang berkelanjutan. “Semangat yang menyala di seluruh penjuru Kabupaten Malang,” tambahnya.

Setelah penanaman padi dan acara seremonial, para petani tangguh dan peserta kegiatan menerima bimbingan teknis terkait metode penanaman serta penjelasan singkat mengenai kondisi tanah di Desa Karangduren.

Plt Bupati Malang juga berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat memotivasi untuk bekerja lebih baik dalam menjaga ketersediaan pangan. “Peningkatan produksi dan produktivitas pertanian sangat penting untuk mendukung target swasembada pangan, terutama dalam menghadapi perubahan iklim yang dapat mempengaruhi ketahanan pangan,” tambahnya. (pro/mlg/gie)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas