Kabupaten Malang

Kasus Covid-19 Terus Melandai, Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Turunkan Permintaan Vaksin

Diterbitkan

-

Memontum Malang – Antisipasi penyebaran Covid-19, masih terus dilakukan Pemkab Malang, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang. Hanya saja, untuk jumlahnya mengalami penurunan karena disesuaikan dengan permintaan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Wiyanto Wijoyo, mengatakan bahwa dirinya sengaja mengurangi jumlah vaksin, karena disesuaikan dengan permintaan di masyarakat. Itu artinya, seiring melandainya kasus itu, permintaan masyarakat untuk vaksin juga sudah menurun.

“Kalau kita minta banyak, tapi tidak ada permintaan dari masyarakat, khawatirnya nanti jadi kadaluarsa. Sehingga untuk mengantisipasi itu, dilakukan penyesuaian,” kata Wiyanto, Selasa (06/06/2023) tadi.

Baca juga :

Ditambahkannya, untuk sementara ini jenis vaksin Covid-19 yang disediakan, yaitu jenis Indovac dan Inavac. Sementara untuk masa kadaluarsa dua jenis vaksin tersebut, itu juga tidak lama. Karenanya, perlu penyesuaian dengan permintaan masyarakat.

Advertisement

Secara keseluruhan, paparnya, Dinkes hanya mengajukan permintaan vaksin disesuaikan dengan kebutuhan. Itupun, jumlahnya terbatas atau tidak lebih dari 1.000 dosis. Sehingga, ketika tidak dibutuhkan atau digunakan, maka akan langsung dikembalikan.

“Kalau tidak terpakai atau kadaluarsa, maka kita kembalikan ke provinsi (Jatim, red) dengan disertai berita acara,” imbuhnya. (sit)

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Terpopuler

Lewat ke baris perkakas